Membuat Game Sendiri Dengan Game Maker


Apakabar teman teman ^_^
Sudah lama tidak posting ,, maaf karena saya ada kesibukan yang lain ^_^
Ya kali ini saya akan share mengenai membuat game dengan game maker ^_^
Sebenarnya ini sudah lama ,, saya bingung mau post apa ,, yaudah yang saya ketahui saja ^_^ hehe
Sebelumnya apa agan udah tau ,, apa sih game maker itu ??
Game Maker adalah sebuah aplikasi yang diperuntukan untuk membuat dan memogram sebuah game dengan kreativitas sendiri ..
Sebenarnya masih banyak aplikasi yang digunakan untuk membuat game ,, tapi aplikasi yang satu ini mempunyai kelebihan penggunaan VGA yang ringan dan spek yang ringan gan ^_^ hehe jadi gak perlu khawatir yang PC spek rendah ^_^.
Dengan aplikasi ini kita dapat menambah menambahkan coding atau bisa juga tinggal memasukan fitur event event yang ada .
Nah bahasa yang digunakan untuk coding ini adalah GML (Game Maker Language) ,, agak mirip dengan pemograman C++ dan Pascal gan ^_^ hehe kalo yang udah pernah ngoding pasti ngerti tuh .
Adapun pengertian lebih lanjut kata temen ane begini :


Game maker language atau yang biasa disingkat dengan gml, adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Mark Overmars sebagai bahasa penunjang untuk software buatannya yakni Game Maker. Game maker language ini mampu memberikan akses bagi para pembuat game ( baik pemula atau yang sudah mahir ) untuk membuat serta mengembangkan game buatannya sendiri dengan cepat dan mudah. Pada tutorial game maker kali ini kita akan mempelajari mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah script ( kode / perintah ) dengan menggunakan gml tersebut. Pada dasarnya, hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan script gml ini sangatlah sederhana, yaitu :
1 . Pemberian nama pada resources ( sprites, sounds, objects, dll)
Ini merupakan salah satu hal yang harus kita cermati, pemberian nama untuk resources yang nantinya akan kita gunakan dalam script gml ini haruslah memenuhi kaidah-kaidah (peraturan) pemberian nama yang tepat. Misalnya : 1). Huruf pertama untuk setiap resources haruslah diawali dengan huruf ( a - z ), dengan kata lain ini resources tidak boleh diawali oleh angka ( 0-9 ). 2). Nama sebuah resources tidak boleh ada spasi, sehingga untuk tanda spasi kita bisa menggantinya dengan menggunakan underscore ( _ ). 3. Nama sebuah resources hanya boleh menggunakan huruf ( a-z), angka ( 0-9) serta underscore ( _ ), sehingga tidak diperbolehkan untuk menggunakan special character seperti tanda seru ( ! ) ataupun tanda tanya ( ? ) , dll.
2. Hindari penggunaan Reserved word
Reserved word adalah sekelompok kata dalam bahasa pemrograman yang telah memiliki arti tertentu. Dibawah ini merupakan contoh kata-kata yang tergolong reserved words : 1). if 2). for 3). while 4). continue. 5). exp 6). global 7). ceil, dll. Jika kita mencermati pernyataan-pernyataan diatas secara teliti, kita bisa menyimpulkan bahwa ternyata hal-hal yang harus kita perhatikan sebenarnya sangatlah sederhana. Kita tidak perlu terlalu pusing untuk memberikan nama dalam resources, hanya saja yang terpenting adalah nama yang kita berikan tersebut mudah dipahami dan mudah diiingat oleh kita.

Begini spoiler aplikasinya gan :


Nah sudah ada bayang bayang kan ? ^_^ hehe
Bagi yang pingin tutorialnya silahkan cari cari dulu deh di google ^_^
Diblog ini belum ada tutorialnya ,, nanti deh dilain waktu saya akan update kembali.
Untuk download aplikasinya silahkan kunjungi officialnya ,, sekarang mungkin sudah update untuk versi terbarunya ,, saya masih menggunakan Game Maker vers 8.1 Pro

Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

No comments:

Post a Comment

" Terimakasih telah mengunjungi blog kami ,, silahkan tinggalkan komentar untuk menghargai jerit payah penulis ^_^ "