Seni Menulis Pesan Tersembunyi part I




Ok Welcome In Loker Ilmu

oke disini kita akan membahas seni menulis pesan tersembunyi. pasti kalian banyak mengira seni itu hanya berhubungan dengan tari, musik atau rupa tapi jangan salah seni itu banyak macam nya seni itu tidak hanya terbatas pada musik, rupa, atau tari seperti kata deidara dalam film anime naruto " Seni adalah ledakan" dia menggangap seni itu adalah ledakan baginya nah inti nya seni itu tidak terbatas jadi anda bisa mengekspresikan seni itu dalam berbagai hal misal yang sekarang kita akan bahas adalah seni Menulis Pesan Tersembunyi

mungkin tidak banyak orang yang mengetahui tentang seni ini karena seni ini biasa di kenal dengan seni "STEGANOGRAFI" . Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. dan seni ini adalah sebuah seni yang hampir mirip dengan seni " KRIPTOGRAFI"  namun berbeda. pada hakikat nya Kriptografi adalah seni menyamarkan arti dari suatu pesan, tapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan itu ada. Kata "steganografi" berasal dari bahasa Yunani steganos, yang artinya “tersembunyi atau terselubung”, dan graphein, “menulis”.

Kini, istilah steganografi termasuk penyembunyian data digital dalam berkas-berkas (file) komputer. Contohnya, si pengirim mulai dengan berkas gambar biasa, lalu mengatur warna setiap pixel ke-100 untuk menyesuaikan suatu huruf dalam alphabet (perubahannya begitu halus sehingga tidak ada seorangpun yang menyadarinya jika ia tidak benar-benar memperhatikannya).
Pada umumnya, pesan steganografi muncul dengan rupa lain seperti gambar, artikel, daftar belanjaan, atau pesan-pesan lainnya. Pesan yang tertulis ini merupakan tulisan yang menyelubungi atau menutupi. Contohnya, suatu pesan bisa disembunyikan dengan menggunakan tinta yang tidak terlihat di antara garis-garis yang kelihatan.

Teknik steganografi meliputi banyak sekali metode komunikasi untuk menyembunyikan pesan rahasia (teks atau gambar) di dalam berkas-berkas lain yang mengandung teks, image, bahkan audio tanpa menunjukkan ciri-ciri perubahan yang nyata atau terlihat dalam kualitas dan struktur dari berkas semula. Metode ini termasuk tinta yang tidak tampak, microdots, pengaturan kata, tanda tangan digital, jalur tersembunyi dan komunikasi spektrum lebar.

Tujuan dari steganografi adalah merahasiakan atau menyembunyikan keberadaan dari sebuah pesan tersembunyi atau sebuah informasi. Dalam prakteknya, kebanyakan pesan disembunyikan dengan membuat perubahan tipis terhadap data digital lain yang isinya tidak akan menarik perhatian dari penyerang potensial, sebagai contoh sebuah gambar yang terlihat tidak berbahaya. Perubahan ini bergantung pada kunci (sama pada kriptografi) dan pesan untuk disembunyikan. Orang yang menerima gambar kemudian dapat menyimpulkan informasi terselubung dengan cara mengganti kunci yang benar ke dalam algoritma yang digunakan.

Pada metode steganografi cara ini sangat berguna jika digunakan pada cara steganografi komputer karena banyak format berkas digital yang dapat dijadikan media untuk menyembunyikan pesan. Format yang biasa digunakan di antaranya:
  • Format image : bitmap (bmp), gif, pcx, jpeg, dll.
  • Format audio : wav, voc, mp3, dll.
  • Format lain : teks file, html, pdf, dll 
 oke kawan sampai bertemu lagi di pelajaran Seni Menulis Pesan Tersembunyi part II

author : Bluefox13
publish :  http://lokerilmu-it.blogspot.com/

Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

No comments:

Post a Comment

" Terimakasih telah mengunjungi blog kami ,, silahkan tinggalkan komentar untuk menghargai jerit payah penulis ^_^ "